Penerapan Point To Point ( RT / RW Net )

Assalamualaikum Wr. Wb

        Pada postingan saya kali ini, saya akan memberitahukan salah satu implementasi Point To Point pada kehidupan sehari hari. Sebelum itu, kita perlu mengetahui "Apa yang dimaksud Point To Point?" silahkan simak penjelasan berikut ini :

A. Pengertian Point To Point

       Menurut Wikipedia : Dalam telekomunikasi, koneksi point-to-point mengacu pada koneksi komunikasi antara dua titik akhir komunikasi atau node. Contohnya adalah panggilan telepon, di mana satu telepon terhubung satu sama lain, dan apa yang dikatakan oleh satu penelepon hanya dapat didengar oleh yang lain.

       Jadi bisa diartikan Point to Point adalah salah satu komputer/perangkat yang disambungkan ke satu perangkat/komputer saja baik menggunakan perangkat wireless maupun menggunakan kabel Lan saja.

B. Implementasi Point To Point
RT / RW Net
RT RW Net adalah jaringan komputer yang tumbuh dari swadaya masyarakat. Sesuai dengan namanya, ini mencakup zona wilayah RT / RW. Dimana sistem operasionalnya, menggunakan kabel. Beberapa menggunakan Wireless 2.4 Ghz serta hotspot sebagai media penghubung. Antar sumber internet dengan perangkat yang digunakan masyarakat. Secara umum, manfaat RT RW Net adalah memudahkan masyrakat untuk mendapat akses internet. Menjadi alat komunikasi yang bebas diakses secara mudah. Tanpa terikat aturan undang-undang maupun birokrasi pemerintah.


Topologi jaringan pada RT / RW Net :

1. Topologi Logic
2. Topologi Fisik



Untuk peralatan yang dibutuhkan pada RT / RW Net antara lain :

      1.       Komputer Server & Client
  
2.       Splitter
     
  
3.       Modem ADSL + AP

      4.       Kabel UTP CAT5e

      5.       Switch

6.       HUB
            Langkah konfigurasi RT / RW Net :

A. Pembangunan Sistem Jaringan LAN

1. Pemasangan Kabel dari rumah ke rumah melewati atap rumah Client agar tersambung antara Client dan Server

2. Setting IP Address. Setting IP Address yang digunakan oleh penulis adalah IP Address class C, range IP 192.168.1.2–192.168.1.13 dengan mode Static IP.

3. Test Koneksi Jaringan LAN. Sebelum jaringan RTRW-Net ini digunakan, maka penulis melakukan test koneksi jaringan LAN terlebih dahulu dengan perintah ping spasi IP Address pada seluruh alamat IP Address client, untuk memastikan bahwa koneksi dalam kondisi baik.

B. Penyambungan Koneksi Internet 

 1. Pemilihan ISP ( Internet Service Provider ) 

        Disarankan memakai Telkom Speedy  karena dalam proses konfigurasi lebih mudah dan harga terjangkau dengan bandwith 1 Mbps.

    
 2. Konfigurasi Modem ADSL

         Proses konfigurasi dilakukan dengan mengetikkan alamat IP 192.168.1.1, sebagai alamat default modem di browser Mozilla Firefox, Internet Explorer dan lain sebagainya.  Dengan default username dan password “admin”, maka akan  muncul tampilan sebagai berikut :

   
3. Konfigurasi Access Point

         Selain menggunakan kabel, penulis memberikan fasilitas berinternet melewati jalur Hotspot untuk itu perlu adanya konfigurasi access point. Tujuan memberikan fasilitas Hotspot adalah memberikan kemudahan untuk client yang selalu ingin ber-internet di luar rumah sambil santai, dengan catatan kualitas sinyal dapat tertangkap dengan baik. Apabila tidak melebihi radius 5 meter dengan rumah server, client harus mendaftar terlebih dahulu kemudian diberikan password dan konfigurasi IP Address-nya. Banyaknya software yang bisa ditemukan di internet untuk menembus Hotspot. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengamanan  berlapis terhadap access point karena teknologi wireless bersifat public dan bisa dengan mudah diambil alih orang lain (hacker).

        Pada Wireless Network Mode pilih Mixed, artinya support terhadap standar 802.11b dan 802.11g. Wireless Network Name (SSID) atau nama workgroup di jaringan wireless yaitu RW04 dan berjalan pada channel 1. Pemilihan channel ditentukan dengan kondisi sekeliling access point dengan tujuan menghindari terjadinya overlapping. Pada Wireless SSID Broadcast pilih Enable, bertujuan untuk memudahkan dalam pencarian sinyal wireless. Langkah selanjutnya klik menu Wireless Security, akan terlihat tampilan sebagai berikut :



     Pada dasarnya pengamanan yang diberikan tidak menjamin 100% aman terhadap serangan yang terjadi ke access point, gelombang wireless bersifat publik dan semua orang bisa saja  memanfaatkannya dan menembusnya, tapi paling tidak pengamanan berlapis bisa sedikit memperlambat proses hacking. Proses Setting mac address komputer. Hanya mac address yang terdaftar yang bisa menggunakan fasilitas Hotspot untuk ber-internet.



4. Test Koneksi Internet

      Seluruh client yang ada di jaringan melakukan test koneksi internet dengan menggunakan perintah ping spasi nomor DNS dari Telkom Speedy (202.134.0.155) untuk memastikan bahwa koneksi internet dalam kondisi baik.




5. Selesai

     Tahap demi tahap telah selesai di lakukan dan telah berjalan dengan baik. Namun tentu saja jaringan RTRW-Net ini tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada aturan yang membatasi ruang gerak client. Untuk itu diperlukan peraturan yang bisa mencegah adanya penyalahgunaan pemakaian internet.



        Seperti itulah contoh implementasi Point To Point di kehidupan kita. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer